Pengetahuan tentang dunia Komputer

Senin, 02 Oktober 2017

Mengasah Pola Pikir Dengan Algoritma

Assalamualaikum
 
Hai para blogger dan para pembaca. Apa kabar? Semoga buruk baik-baik saja.
Di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengukur Algoritma.
Udah tau bagaimana mengukur algoritma? yakin?
Oke langsung saja kita bahas.


Menilai Algoritma Jilid I
  • Realibility: Tingkat kepercayaan tinggi. Hasil yang diperoleh dari proses harus berakurasi tinggi dan benar.
  • Low cost: Pemrosesan yang efisien. Proses harus diselesaikan secepat mungkin dan frekuensi kalkulasi yang sependek mungkin.
  • Generally: Sifatnya general. Bukan sesuatu yang hanya untuk menyelesaikan satu kasus saja, tapi juga untuk kasus lain yang lebih general.
  • Expandable: Bisa dikembangkan. Haruslah sesuatu yang dapat kita kembangkan lebih jauh berdasarkan perubahan requirement yang ada.
Menilai Algoritma Jilid II
  • Accuracy: Output yang dihasilkan tepat. Jika angka algoritmanya logis dan di-ikuti dengan seksama maka akan dihasilkan output yang di-inginkan
  • Portability: Portabilitas yang tinggi. Bisa dengan mudah di-implementasikan di berbagai platform komputer.
  • Precise: Tepat, betul, teliti. Setiap instruksi harus ditulis dengan seksama dan tidak ada keragu-raguan. Setiap langkah harus jelas dan pasti.
  • Clearly: Siapapun yang melihat, dia akan bisa memahami algoritma anda. Susah dimengertinya suatu program akan membuat susah di-maintenance
Nah, itulah sedikit ringkasan tentang menilai algoritma.
Sebagai refleksi, saya akan membagikan sebuah teka teki atau game untuk mengasah kemampuan berpikir.
Oke langsung saja ke TKP.


1. Petani, sayut, domba, serigala.





The rules of game
  • Jangan sampai serigala memakan domba, bila ditinggal berdua diseberang
  • Jangan sampai domba memakan sayur, bila ditinggal berdua diseberang
  • Jangan sampai main curang 



Penyelesaian

   
  • Angkut domba ke sisi B, Serigala gak mungkin makan sayur
 
 
  • Angkat sayur menuju sisi B, dan bawa kembali dombanya ke sisi awal ( sisi A )
 
 
 
  • Angkut serigala menuju sisi B 
 
 
 
  • Kembali seorang diri, kemudian angkut domba ke sisi B
 
  • Well Done!!!!!!

Gimana? seru? ngerti?
kalau belum ngerti silahkan pelajari sendiri dirumah.

Sekian artikel kali tentang menilai algoritma dan sedikit refreshing dengan game.
Silahkan tinggalkan komentar sebagai masukkan untuk membenahi dan memperbaiki blog saya.
Maaf jika ada salah.
Terima kasih telah berkunjung.
.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar